Teguh Santoso: Masyarakat Dapat Mengajukan Proposal Untuk Mendapatkan Bantuan Dana Kalurahan Sesuai Putusan Musrenbangdes

Informasikunet tersaji untuk anda

Teguh Santoso: Masyarakat Dapat Mengajukan Proposal Untuk Mendapatkan Bantuan Dana Kalurahan Sesuai Putusan Musrenbangdes 


BANTUL (DIY), informasikunet - Dana Desa adalah bagian dari Transfer Ke Daerah yang diperuntukkan bagi Desa, dengan tujuan untuk mendukung pendanaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan kemasyarakatan. 

Alokasi pembangunan, Dana Desa secara nasional pada tahun 2023 sebesar Rp. 70 trilyun mengalami peningkatan dibanding tahun 2022 yang sebesar Rp 68 trilyun. 

Arah kebijakan dana desa tahun 2023 salah satunya melanjutkan fokus penggunaan Dana yang disinkronisasikan dengan Desa prioritas nasional.

Kelancaran dan kesuksesan penyaluran Dana Desa membutuhkan koordinasi dan komitmen berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan KPPN selaku penyalur dana desa.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi Partai Golkar Teguh Santoso SE mengharapkan penggunaan Dana Kalurahan tahun 2023 agar fokus ke beberapa kegiatan yang menjadi pemberdayaan Pemerintah diantaranya penanggulangan kemiskinan ekstrim serta penguatan ketahanan pangan.

"Dengan adanya dana Kalurahan saya berharap dalam penggunaannya pemerintah fokus di beberapa kegiatan pemberdayaan, seperti penanggulangan kemiskinan ekstrim dan penguatan ketahanan pangan," jelas nya kepada awak media melalui pesan WhatsApp. Senin (8/5/23)

Teguh menjelaskan aturan Dana Kalurahan ialah 40 persen untuk Pendidikan, 30 persen untuk Pembagunan, 20 persen untuk kesehatan dan 10 persen untuk administrasi.

"Untuk mendapatkan Dana Kalurahan dengan cara masyarakat atau Padukuhan mengajukan proposal kemudian dikumpulkan setelah itu pemerintah Kalurahan mengadakan musyawarah Kalurahan (Musrenbangdes) setelah diputuskan Pihak Kalurahan membagikan sesuai keputusan tersebut,"jelasnya (Aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal