Masuk 75 Besar AWDI, Pj Walikota Gowes Sambang Kampung Pastikan Kesiapan Wisata Purbayan

Informasikunet tersaji untuk anda

Masuk 75 Besar AWDI, Pj Walikota Gowes Sambang Kampung Pastikan Kesiapan Wisata Purbayan 


YOGYAKARTA (DIY), informasikunet- Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo dan jajaran bersepeda bersama gowes sambang Kampung Wisata Purbayan pada Jumat (26/5/23). 

Gowes sambang kampung itu juga untuk memastikan kesiapan Kampung Wisata Purbayan menerima kunjungan dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) karena masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia(ADWI) 2023.

Gowes dimulai dari kompleks Balai Kota Yogyakarta melewati jalan-jalan kampung-kampung di Kemantren Kotagede menuju Kampung Wisata Purbayan. Melewati bangunan-bangunan cagar budaya berarsitektur jawa dengan pendopo yang banyak terdapat di Kotagede seperti di Prenggan dan Purbayan. 

Setelah melintasi Jalan Mondorakan, rombongan lalu berbelok ke Gang Soka. Kemudian mengunjungi Rumah Pesik di kawasan Kotagede yang menggabungkan gaya arsitektur Eropa dan Jawa.

Rombongan gowes lalu melanjutkan bersepeda menuju Sekretariat Kampung Wisata Purbayan yang berada di selatan Pasar Kotagede. Tepatnya di Kampung Alun-Alun yang masuk wilayah Kelurahan Purbayan. Lokasinya tidak jauh dari masjid dan kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede.


“Ini adalah gowes pertama yang saya lakukan bersama Dinas Pariwisata. Tema nya kita sambang kampung wisata. Untuk memastikan karena Kampung Wisata Purbayan ini masuk di 75 ADWI,” kata Singgih usai gowes di Sekretariat Kampung Wisata Purbayan.

Dalam kunjungan tersebut Singgih berbincang dengan para pengurus Kampung Wisata Purbayan. Terutama untuk melihat sistem di Kampung Wisata Purbayan dan memastikan  semua ekosistem di kampung wisata agar nanti saat dikunjungi Menparekraf terkait ADWI betul-betul siap.

Singgih pun menekankan terkait keguyuban, kerukunan, komitmen dan Sapta Pesona kepada wisatawan.

"Kekuatan kampung wisata ada di paket wisata. Daya tarik yang ada di dalam kampung wisata dibuat menjadi paket wisata yang menarik bagi wisatawan," katanya

Dengan dibuat paket wisata, sambung Singgih maka pengelola kampung wisata harus siap setiap saat menerima kunjungan wisatawan

“Mau tidak mau, suka tidak suka harus setiap saat siap dikunjungi. Semoga nanti Purbayan akan menjadi kampung wisata yang diminati oleh wisatawan. Karena daya tarik luar biasa, story telling-nya juga sangat menarik. Tinggal pengemasan paketnya saja  yang harus dilakukan secara menarik,” harapnya (Aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal