Sumadi : May Day Momentum Kebersamaan Bagi Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah

Informasikunet tersaji untuk anda

Sumadi : May Day Momentum Kebersamaan Bagi Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah 


YOGYAKARTA (DIY), informasikunet - Peringatan Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada Senin (1/5/2023) disebut menjadi sebuah momentum kebersamaan dalam membangun ekstensi hubungan pekerja di Indonesia.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi, mengatakan May Day 2023 menjadi momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha dan pemerintah untuk berdialog mencari jalan yang terbaik menuju hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan bagi kesejahteraan pekerjaan buruh.

"Terciptanya kondisi hukum industrial, dinamis, kondusif dan harmonis itu diyakini akan berdampak positif dalam meningkatkan terciptanya lapangan pekerjaan serta meningkatkan terhadap iklim investasi di Indonesia," tuturnya saat memberikan sambutan pada peringatan May Day 2023 bertema Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri di Kota Yogyakarta.

Melalui hal itu, pemerintah terus berusaha memperbaiki iklim ketenagakerjaan demi terciptanya iklim investasi yang positif. Sebab, iklim ketenagakerjaan yang harmonis  dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Alhamdulillah 2022 kemarin, kita bisa mencapai peningkatan ekonomi pada angka 5,31persen yang sebelumnya ketika ada Pandemi pada tahun 2021 hanya mencapai angka 3,7 persen. Itu masih plus, (karena) banyak negara-negara yang menghadapi kolaps akan pertumbuhan ekonomi yang minus," jelas Sumadi.

Untuk itu mari kita bersama-sama turut andil memperbaiki iklim ketenagakerjaan di Indonesia. 

"Karena sejatinya iklim ketenagakerjaan yang harmonis dan kondusif dapat mendorong peningkatan produktivitas kerja serta kesejahteraan kerja itu sendiri sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia," imbuhnya.

Ia pun berharap, perserikatan kerja baik itu Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama dengan pemerintah dapat terus bergandengan tangan untuk mencapai iklim ketenagakerjaan yang lebih baik.

"Selanjutnya saat ini juga kita meningkatkan tren digitalisasi industri, sehingga dirasakan perlu terobosan untuk selalu meningkatkan potensi keterampilan kerja," katanya 

Maka dari itu lanjutnya, kami mengajak kepada rekan-rekan sekalian untuk terus meningkatkan kualitas diri, meningkatkan professionalisme yang dibuktikan dengan sertifikasi.

"Sehingga rekan-rekan pekerja mampu bersaing dengan sehat dan baik. Bahkan (mampu bersaing) dengan pekerja dari luar negeri," tutupnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, mengatakan melalui tripartit, yang terdiri dari serikat pekerja atau buruh, pengusaha dan pemerintah diharapkan mampu melakukan kerja sama yang baik.

"Bagaimana membangun, mengembangkan dan merekatkan hubungan industrial baik pekerja, pemberi kerja dan juga pemerintah sebagai regulator, fasilitator, mediator dan juga dinamisator terhadap aktivitas hubungan industrial khususnya di Kota Yogyakarta, Melalui hal itu, sehingga kehidupan berusaha di Kota Yogyakarta tetap dalam situasi kondusif dan stabil," ucapnya (Aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal