MENAHAN EMOSI ITU INDAH

Informasikunet tersaji untuk anda Artikel/Info/Pendapat/Acara/ Bisnis/Pesan/Pembicara

MENAHAN EMOSI ITU INDAH

Luthfi Bashori

Menurut istilah kamus, emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi juga merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu.

Kata "emosi" berasal dari kata bahasa Prancis, émotion, dari émouvoir, `kegembiraan` dari bahasa Latin emovere, dari e- (varian eks-) `luar` dan movere `bergerak`.

Kebanyakan ahli meyakini bahwa emosi lebih cepat berlalu daripada suasana hati. Sebagai contoh, bila seseorang bersikap kasar, manusia akan merasa marah.

Perasaan intens kemarahan tersebut mungkin datang dan pergi dengan cukup cepat, tetapi ketika sedang dalam suasana hati yang buruk, seseorang dapat merasa tidak enak untuk beberapa jam bahkan beberapa hari.

Menahan emosi atau amarah itu bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan oleh setiap orang, namun bagi yang mampu mengontrol emosinya, pertanda ia termasuk orang yang telah matang dalam mengatur kejiwaaannya.

Rasulullah SAW bersabda: “Tiada suatu tegukan pun yang lebih disukai oleh Allah SWT daripada tegukan (menelan) seorang hamba terhadap amarahnya, tidak sekali-kali seorang hamba menelan amarahnya kecuali Allah SWT memenuhi hatinya dengan keimanan.” (HR. Imam Ibnu Abbas RA).

Orang yang mampu menahan amarah dan tidak melampiaskan secara frontal, maka Allah SWT memenuhi rongga hatinya dengan keimanan, karena sesungguhnya marah sesaat itu merupakan ajakan setan, jadi orang yang mampu menahan amarahnya, berarti ia dapat mengalahkan setan.

Namun, tidak mudah bagi setiap orang itu untuk dapat menahan emosi, kecuali mereka yang bersungguh-sungguh belajar untuk meredakan tensi amarah saat merasa hatinya tidak senang.

Adapun marah yang dianjurkan oleh syariat itu hanya satu, yaitu marah terhadap kemunkaran yang dapat mengoyak keimanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal