Kenalkan Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta Dengan menggelar Curture Fun Run

Informasikunet tersaji untuk anda Artikel/Info/Pendapat/Acara/ Bisnis/Pesan/Pembicara

Kenalkan Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta Dengan menggelar Curture Fun Run


YOGYAKARTA (DIY) Informasikunet - Masyarakat Yogyakarta menyambut antusias kegiatan Culture Fun Run yang dapat diikuti secara gratis. Terbukti ratusan peserta mengikuti ajang lari dan mengenal kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta. Para peserta menempuh rute 7,5 km dimulai dari Teras Malioboro 2 melewati kawasan cagar budaya yaitu Malioboro, Pakualaman dan Kotabaru.

Acara yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui dinas kebudayaan ini bertajuk Culture Fun Run, yang  bertujuan untuk mengenalkan kawasan cagar budaya Kota Yogyakarta Minggu (5/3/23)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan Culture Fun Run ini adalah kegiatan lari, tapi dengan mengelilingi titik-titik yang masuk dalam wilayah kawasan cagar budaya. Sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta tidak hanya Malioboro. 


"Tetapi ada juga kawasan cagar budaya Pakualaman dan Kotabaru yang tidak kalah menarik. Oleh sebab itu ke depan akan banyak kegiatan di kawasan cagar budaya terutama di Kotabaru," ujar Aman Yuriadijaya yang hadir melepas peserta Culture Fun Run, di Teras Malioboro 2.

Pihaknya berharap dalam kegiatan tersebut bisa menjadi ajang olahraga masyarakat sekaligus lebih mengenal kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta. 

“Harapannya membuat ruang kesegaran masyarakat. Tapi pada lain pihak juga ingin memperkenalkan kawasan cagar budaya yang ada di Kota Yogyakarta,” ucap Aman.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan dengan kegiatan Culture Fun Run mengajak masyarakat untuk lebih mengenal kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta dengan cara berbeda dan menyenangkan. Dalam jalur lari itu ada beberapa titik pemberhentian serta menampilkan seniman yang mencirikan masing-masing kawasan cagar budaya.

“Memang kita ingin mengenalkan kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta dengan cara yang lebih menarik dan masyarakat bisa berpartisipasi secara langsung dengan Culture Fun Run ini ,” papar Yetti.

Dalam Culture Fun Run peserta melintasi berbagai ikon bangunan cagar budaya di kawasan cagar budaya di Malioboro, Pakualaman dan Kotabaru. Di kawasan cagar budaya Malioboro terdapat bangunan Indis seperti di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung, Bangunan Kantor Pos Besar dan bangunan Bank Indonesia. 

Sedangkan di kawasan cagar budaya Pakualaman ada bangunan Puro Pakualaman. Di kawasan cagar budaya Kotabaru ada bangunan-bangunan Indis dan berakhir kembali di Teras Malioboro 2.


Antusias masyarakat mengikuti Culture Fun Run terlihat dari kostum yang dikenakan. Sebagian peserta ada yang mengenakan kain jarik berkebaya untuk perempuan dan kain jarik, surjan dan blangkon bagi laki-laki. Selain itu karakter tokoh wayang sampai kostum unik lainnya. Tidak mengherankan karena peserta dengan kostum menarik mendapatkan apresiasi, serta para peserta yang menyelesaikan sampai finish juga mendapatkan medali. (Aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal