Pemkot Yogyakarta Ajak Pelaku UMKM Untuk Tingkatkan Kelas Produknya

Informasikunet tersaji untuk anda

Pemkot Yogyakarta Ajak  Pelaku UMKM Untuk Tingkatkan Kelas Produknya


YOGYAKARTA (DIY), informasikunet– Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kelas produknya agar bisa dipasarkan lebih luas. Salah satunya melalui kegiatan Pasar UMKM Danurejo yang diadakan Kemantren Danurejan.
 Jumat (9/6/23). 

Kegiatan tersebut menjadi ajang pemberdayaan masyarakat dan tes pasar produk UMKM.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto Raharjo mengatakan Pemkot Yogyakarta mengapresiasi Kemantren Danurejan yang telah menginisiasi kegiatan Pasar UMKM Danurejo. Pasar UMKM sebagai langkah strategis membangkitkan semangat pelaku UMKM dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ini salah satu upaya memberdayakan UMKM untuk transaksi lokal dan pemasaran lokal. Setidaknya mengatasi pemasaran mereka. Ini sebagai tes pasar juga,” kata Tri Karyadi di sela peluncuran Pasar UMKM Danurejo di halaman Kantor Kemantren Danurejan.

Menurutnya dari hasil peninjauan stan produk-produk di Pasar UMKM Danurejo rata-rata sudah layak apabila dipasarkan di tingkat lokal di Danurejan. Namun jika dipasarkan lebih luas seperti keluar daerah masih banyak yang belum memenuhi standar ketentuan. 

"Misalnya terkait sertifikasi halal dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Untuk itu Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta terus mengedukasi kepada pelaku UMKM agar memenuhi sertifikasi produk,"sambungnya

Tri Karyadi menyarankan bahwa Ini sebagai tahap awal, kedepan tidak boleh biasa-biasa, yang ikut produknya harus terkurasi. Misalnya dari sisi legalitas dan sertifikat sehingga otomatis UMKM akan segera melengkapi syarat itu.

"Selanjutnya dinas akan melakukan kurasi apakah layak dipasarkan misalnya di mall,"ujarnya (Aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal