Gelar Lomba Burung Berkicau, Pj Walikota Yogyakarta mengapresiasi kepada pecinta burung yang turut melestarikan burung

Informasikunet tersaji untuk anda

Gelar Lomba Burung Berkicau, Pj Walikota Yogyakarta mengapresiasi kepada pecinta burung yang turut melestarikan burung


YOGYAKARTA (DIY), informasikunet - Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta yang bekerjasama dengan Pelestari Burung Indonesia (PBI) menyelenggarakan Lomba Burung Berkicau Piala Walikota Yogyakarta di Halaman Air Mancur Kompleks Balaikota Yogyakarta, Minggu (18/6/23). 

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan pencinta burung berkicau dengan berbagai macam jenis burung seperti lovebird, murai, cucak hijau dan kenari. Suasana Balaikota tampak meriah dengan suara kicauan burung dari berbagai jenis yang dilombakan.

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyampaikan Kegiatan penghobi burung dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk terlibat dalam usaha penangkaran dan perdagangan burung peliharaan, serta mendapatkan manfaat ekonomi yang berkelanjutan. 

"Dunia burung peliharaan bisa menjadi industri yang menjanjikan, baik secara ekonomi maupun sosial,"katanya 

Singgih menambahkan melalui kegiatan lomba burung berkicau, bisa menjadi salah satu agenda wisata sport tourism atau wisata minat khusus. 

"Perlu diapresiasi kepada seluruh pecinta burung yang telah turut melestarikan burung, merawat serta melatih,"ujarnya.

Harapannya, dengan silaturahmi ini dapat menjadi media untuk saling bertukar ilmu tentang penangkaran dan membuat sangkar.

"Perawatan yang baik dan benar serta bisa menjadi sebuah lapangan pekerjaan baru karena perlu untuk menjaga ekosistem burung," ujarnya.


Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana menyebutkan Lomba Burung Berkicau Piala Walikota merupakan sarana bagi para pecinta burung berkicau untuk berkompetisi serta sebagai wadah untuk pelestarian burung kicau di Yogyakarta.

"Sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan sesama pecinta burung berkicau dan meningkatkan semangat melestarikan serta menangkar burung burung lokal,"paparnya

Kegiatan tersebut diikuti oleh pecinta burung dari seluruh Indonesia sehingga harapannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para peternak burung, pengrajin sangkar burung, penjaja makanan dan kelompok binaan dari Dinas Pertanian dan Pangan.

"Kegiatan lomba ini menuju visi dan misi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya pengembangan pertanian dan peternakan di Kota Yogya yang berbasis hobbies yaitu tanaman dan hewan yang eksotis dan memiliki nilai jual tinggi," pungkasnya. (Aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal