Bang Yos: Merti Dusun salah satu ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa

Informasikunet tersaji untuk anda

Bang Yos: Merti Dusun salah satu ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa

BANTUL (DIY), informasikunet - Sebagai salah satu Kalurahan Budaya, Kalurahan Muntuk masih memegang adat dan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang salah satunya Merti Dusun atau bersih Dusun. 

Berbagai kegiatan dalam bersih Dusun yang dijadikan ajang meningkatkan kerukunan seluruh warga dan membangun kebersamaan seperti hiburan, kirab budaya, kenduri dan pengajian akbar.

Di siang hari ini Jum'at 28 Juli 2023 Warga Sanggrahan Kalurahan Muntuk Kapanewon Dlingo, Bantul, mengadakan Merti Dusun atau Rasullan, selain warga dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD DIY Fraksi Partai Gerindra H Yoserizal, Carik Muntuk Suwardi, Dukuh Sanggrahan Zam Zainudin, Ketua RT 01 Suroto, RT 02 Alfiyanto, RT 03 Badrul Munir, dan Ketua RT 04 Eko Heriyanto.

Merti dusun merupakan salah satu upacara adat di Kalurahan Muntuk untuk memperingati berdirinya suatu desa di wilayah terkait. Merti dusun juga diadakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan tempat bernaung kepada masyarakat serta hasil panen yang melimpah ruah.

Upacara adat tersebut ditandai dengan melaksanakan kirab Gunungan (Tumpeng besar) yang terdiri dari hasil panen pertanian masyarakat. Upacara ini biasanya diadakan saat musim panen telah usai atau hari jadi Padukuhan tersebut.

Salah satu rangkaian bersyukur warga Kalurahan Muntuk saat Merti dusun adalah dengan mengadakan kenduri untuk mendo'akan para leluhurnya.

Dalam sambutannya H Yoserizal mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama memanjatkan do'a kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghimbau untuk saling serta menjaga kelestarian alam dan juga menjaga kerukunan sesama warga.

"Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah agar senantiasa kita semua diberikan perlindungan serta rezeki yang melimpah hingga dapat digelarnya acara ini,"ungkap Bang Yos sapaan akrab H Yoserizal. Sabtu (29/7/23) melalui pesan WhatsApp 

Bang Yos menjelaskan Merti Dusun adalah adat yang sudah menjadi budaya bagi masyarakat Sanggrahan, Muntuk, Dlingo, serta salah satu ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Acara tersebut adalah bentuk rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan iradah yang diberikan berupa keselamatan pertanian, peternakan, perdagangan, dan kesehatan,"pungkasnya.

Disela rangkaian acara Bang Yos menyerahkan dana untuk acara Merti Dusun dan diterima oleh Carik Muntuk Suwardi. (Aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal