Gelaran Pesta Siaga Kwarcab, Hamenang Wajar Ismoyo: Era Globalisasi Penting Membangun Manusia Berkarakter, Miliki Watak Yang Kuat.

Gelaran Pesta Siaga Kwarcab, Hamenang Wajar Ismoyo: Era Globalisasi Penting Membangun Manusia Berkarakter, Miliki Watak Yang Kuat.




KLATEN (JATENG) - Gelaran pesta siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Klaten hari ini diselenggarakan di SMA Negeri 1 Ceper, Sabtu (25/02/2023).


Kegiatan pesta siaga kwarcab gerakan Pramuka Klaten ini diikuti 416 pramuka siaga perwakilan dari 26 kwartir ranting se Kabupaten Klaten. Acara ini dibuka langsung oleh ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo .


Dalam sambutannya Hamenang mengatakan, diEra globalisasi saat ini tentunya ada kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, hal tersebut tentunya sangat penting dalam membangun manusia yang berkarakter serta dalam pembangunan bangsa yang memiliki watak yang kuat.



"Era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu 

yang paling utama. Untuk itulah, sangat penting membangun 

manusia yang memiliki karakter, serta pembangunan bangsa yang memiliki watak yang kuat," ucapnya.



Lebih lanjut Ia menambahkan siera globalisasi ini tentunya bukan hanya sebatas membangun menusianya yang cerdas, akan tetapi juga kepribadian dan budi pekertinyapun juga harus dibangun terlebih dalam menghadapi tantangan global saat ini.


"Bukan hanya membangun manusia atau anak - anak cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga anak - anak yang tangguh kepribadiannya, luhur budi

pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan bangsa, Karena anak

demikianlah yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik," imbuhnya.



Sejalan dengan itu,jelas Hamenang, Gerakan Pramuka masih dan tetap relevan dengan perkembangan zaman, yang dapat kita lihat dari keberhasilan yang cukup menggembirakan dari Revitalisasi Gerakan Pramuka melalui pendidikan kepanduan bagi generasi muda kita. 


"Bahkan, untuk menghadapi kemajuan bangsa dan negara kita dalam dua puluh, tiga puluh atau lima puluh tahun yang akan datang, terletak di tangan kaum muda yang akan menjadi pelaku sejarah yang menentukan kemajuan bangsa pada peringatan 100 tahun kemerdekaan bangsa kita, ditahun 2045 mendatang," tandasnya.


Dengan demikian, betapa pentingnya pendidikan karakter bagi kaum muda dan Revitalisasi Gerakan Pramuka yang harus terus diarahkan  untuk memantapkan komitmen generasi muda terhadap empat konsensus dasar bangsa kita yaitu, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.


"Melalui pemantapan empat konsensus dasar tersebut, Insya Allah dapat memperkokoh idealisme, cita-cita, dan militansi kaum muda untuk 

menjadi komponen bangsa yang cerdas, unggul, tangguh, penuh daya 

inovatif, dan tetap bersatu. Komponen bangsa yang mandiri, dan tegar,

serta memiliki akhlak kepribadian yang luhur dan mulia, memiliki sikap toleran, dan humanis, serta siap bersaing di era global," jelasnya.


"Mari kita terus upayakan kemajuan bangsa dan negara melalui Gerakan Pramuka, untuk itu saya mengajak kepada seluruh Yahnda dan Bunda untuk memaksimalkan organisasi Pramuka sebagai wadah strategis, untuk membangun karakter positif menjadi generasi yang cerdas, sehat, terampil, dan gembira," ajak Hamenang kepada seluruh peserta pesta siaga kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Klaten.


Momentum pesta siaga seperti ini adalah saat saat yang Membahagiakan karena seluruh peserta beserta para kakak pembina mengikuti Pesta siaga benar - benar Riang Gembira dan Bersenang senang sehingga bisa mewujudkan “Pramuka Siaga Berbudaya, Berkarakter, dan berjiwa Merdeka”

Ikuti Pesta Siaga Cabang Kabupaten Klaten dengan berkompetisi secara sportif. 



Hamenang berharap pesta siaga ini dapat menjadi pembelajaran seluruh peserta para Pramuka siaga agar usai acara ini bisa menjadi teladan bagi lingkungannya masing-masing.


"Yahnda berharap Pesta Siaga ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi seluruh anak-anakku para Pramuka Siaga tentunya 

setelah mengikuti pesta Pesta Siaga kalian harus bisa trampil, mandiri, ceria, disiplin, lebih berani, patuh pada ayah bunda, dan menjadi 

teladan bagi lingkungan. amalkan pelajaran serta pengalaman yang 

telah kalian peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Jadilah anak yang aktif, kreatif, dan energik. Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan kalian, isilah kegiatan dan waktu luang diluar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat, yang dapat kalian jadikan sebagai bekal ketika 

dewasa kelak. Persiapkan diri kalian semua dengan baik, untuk melanjutkan kepemimpinan di negeri ini, di masa yang akan datang.

Terus perkuat pemahaman kalian tentang Pancasila, Undang - Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka 

Tunggal Ika, sebagai bekal untuk meneruskan perjuangan bangsa,"pungkas Hamenang. (aji)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kristian Nugroho Nufrianto (Upik) Caleg Partai Golkar Dapil 5 Kota Yogyakarta Umbulharjo Kotagede, Mohon Doa dan Dukungannya Ojo Lali Yo No 6

Endang Kusumastuti Caleg DPRD Kota Yogyakarta Dapil 4 Mengucapkan Selamat Natal Dan Tahun Baru 2023 - 2024

Menjaga Tali Silaturahim, Warga RT 32 RW 10 Mujamuju Gelar Syawalan dan Halal Bihalal